Dinkes Seruhkan Masyarakat Melakukan 3 M Untuk Cegah Berbagai Penyakit.

intermitranews.com

Minsel – Fenomena musim hujan yang terjadi belakangan ini, sering menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari Malaria, Demam Berdarah Dengue ( DBD) dan penyakit lainnya.

Mengantisipasi timbulnya penyakit – penyakit tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan lewat Dinas Kesehatan ( Dinkes) Minsel kembali menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan dengan
melakukan 3 M (Menguras, Menutup dan Menimbun).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr Wiwin Opod menjelaskan, masyarakat juga dihimbau melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti mengganti air misalnya di vas bunga, mengecek tatakan dispenser dan kulkas, membersihkan saliran air. “Memakai kelambu atau memasang kawat kasa di ventilasi agar nyamuk tidak masuk kamar atau ruangan,” kata dr Wiwin lewat release media , jumat (05/07/24).

Terkait Tindakan fogging, dr Wiwin Opod menyatakan, itu bukan penanganan dan pencegahan utama, karena tindakan fogging hasilnya tidak signifikan, bahkan akan membuat nyamuk resisten (kebal dan tidak mati karena fogging), serta dapat mencemari lingkungan.
“Selain itu fogging memang membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak berpengaruh pada jentik nyamuk yang menjadi sumber masalah utama,” tegas dr Wiwin Opod.

Lifan

Pos terkait