Kapolri Merotasi dan Memutasi 745 Personel Polri

InterMitraNews.com

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap ratusan anggota Polri. Berdasarkan empat Surat Telegram (ST) yang dikeluarkan, sebanyak 745 personel, terdiri dari perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati), mengalami perubahan jabatan.

Keempat surat telegram tersebut bernomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024, yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo pada tanggal 26 Juni 2024.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menjelaskan bahwa rotasi dan mutasi ini merupakan bagian dari dinamika organisasi dan pembinaan karir dalam institusi Polri. “Promosi dan mutasi di internal Polri adalah hal biasa dalam rangka kebutuhan organisasi, pembinaan karir, tour of duty, tour of area, dan pergantian anggota yang memasuki masa pensiun,” ujar Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Salah satu perubahan signifikan adalah pergantian Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang kini akan diisi oleh Irjen Pol Syahardiantono. Ia menggantikan Komjen Pol Suntana yang memasuki masa pensiun. Dengan jabatan baru ini, pangkat Irjen Syahar, yang saat ini menjabat Kadiv Propam Polri, akan naik menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).

Posisi Kadiv Propam Polri yang ditinggalkan oleh Irjen Syahardiantono akan diisi oleh Irjen Pol Abdul Karim, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Banten. Selanjutnya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, yang saat ini menjabat Wakapolda Metro Jaya, akan menggantikan posisi Kapolda Banten.

Posisi Wakapolda Metro Jaya yang ditinggalkan Brigjen Pol Suyudi Ario Seto akan diisi oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Timur.

Selain itu, ada juga pergantian pimpinan di Kapolda Sumatera Utara. Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri (Persiapan Penugasan di Luar Struktur). Penggantinya adalah Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, yang saat ini menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Rotasi dan mutasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas organisasi Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat.

*S_yadi

Pos terkait