Universitas Kalbis Lakukan Kunjungan Studi Lapangan ke Rutan Kelas I Cipinang

InterMitraNews.com

JAKARTA – Dalam rangka mendukung program akademik dan memperluas wawasan mahasiswa di luar teori kampus, Universitas Kalbis mengadakan kunjungan studi lapangan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Kunjungan yang diadakan pada Jumat (31/5/2024) ini merupakan bagian dari mata kuliah Aspek Hukum Dalam Bisnis dengan topik “Penyelesaian Sengketa Bisnis” untuk perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.

Pemilihan Rutan Kelas I Cipinang sebagai lokasi studi lapangan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai fungsi Rutan sebagai tempat penahanan tersangka atau terdakwa selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di pengadilan. Selain itu, mahasiswa juga tertarik untuk mempelajari konsep Bimbingan Kegiatan yang diterapkan di Rutan Kelas I Cipinang.

Kedatangan mahasiswa disambut hangat oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali, yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf, bersama Kepala Subseksi Bantuan Hukum Pelayanan Tahanan, Dani Diyaulhaq, serta Kepala Subseksi Bimbingan Kegiatan, Irvan Fahrudin.

Dalam sambutannya, Alif Akbar Yusuf mengucapkan terima kasih kepada Universitas Kalbis atas kepercayaan mereka memilih Rutan Kelas I Cipinang sebagai lokasi edukasi. Ia menekankan pentingnya keterbukaan informasi di era saat ini, di mana Rutan Cipinang ingin membuka diri dan memberikan pemahaman lebih mengenai sistem Pemasyarakatan, khususnya di Rutan Cipinang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap Lapas/Rutan di Indonesia. Selain itu, kami berharap kunjungan studi ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang praktik Pemasyarakatan di Rutan Cipinang dan kondisi pembinaan secara kontekstual melalui observasi lapangan,” ujar Alif Akbar Yusuf.

Sebelum melihat kondisi di dalam Rutan secara langsung, mahasiswa menerima gambaran singkat mengenai Rutan Cipinang. Selanjutnya, mereka diajak untuk melihat proses pembinaan yang diberikan kepada warga binaan, termasuk pembinaan di bidang musik, barbershop, lukis, kulit, hingga kopi. Mahasiswa juga mengunjungi area tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan vihara untuk melihat proses pembinaan dalam bidang kerohanian.

Para mahasiswa tampak antusias dengan kehidupan dan program pembinaan di Rutan, mendapatkan pengalaman dan pemahaman baru secara langsung.

“Diharapkan dari kegiatan studi lapangan ini, para mahasiswa dapat mensosialisasikan dan memberikan dampak positif kepada masyarakat mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembinaan yang dilakukan warga binaan di dalam Rutan Kelas I Cipinang,” tambah Alif Akbar Yusuf.

Dosen Universitas Kalbis, Naik Henokh Parmenas, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala Rutan dan jajarannya atas kesempatan yang diberikan kepada Universitas Kalbis untuk mengenal lebih dekat dan belajar banyak tentang Pemasyarakatan, khususnya di Rutan Cipinang.

*/S_yadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *