Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang Tingkatkan Pelayanan Air Bersih ke Seluruh Wilayah Kota

InterMitraNews.com

Tangerang – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng Kota Tangerang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan air bersih bagi seluruh wilayah kota. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi, kepada awak media pada hari Kamis, 30 Mei 2024.

Doddy Effendi menjelaskan bahwa Perumda Tirta Benteng telah menerima hibah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala berkapasitas 500 liter per detik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Instalasi ini baru-baru ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Instalasi Pengolahan Air di Jalan Sitanala akan digunakan untuk mensuplai air bersih ke wilayah zona 2 yang meliputi empat kecamatan, yaitu Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung. Proses pembangunannya sedang berjalan, dan kami berharap dapat selesai tepat waktu,” ujar Doddy.

Selain itu, Perumda Tirta Benteng juga memperoleh hibah sebanyak 51.415 pelanggan dari Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja. Meskipun Perumda Tirta Benteng belum memiliki jaringan pipa utama (JDU) untuk wilayah tersebut, Doddy menyatakan bahwa pihaknya telah membuka kerja sama dengan badan usaha yang diumumkan tahun lalu.

“Dalam proses pengadaan badan usaha ini, kami meminta pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, BPKP Provinsi Banten, Kementerian PUPR melalui Dirjen Pembiayaan, dan Inspektorat Kota Tangerang. Selain itu, kami juga meminta pendampingan dari LAPI ITB sebagai konsultan,” tambahnya.

Langkah-langkah ini diambil untuk menghindari potensi kerugian negara dan memastikan bahwa mitra kerja yang terpilih memiliki standar kualifikasi sesuai kebutuhan, serta pengalaman dan kemampuan dalam mengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk wilayah pelayanan di zona 2 dan zona 3.

“Kami berusaha mendapatkan mitra kerja terbaik dengan standar kualifikasi sesuai kebutuhan dan pengalaman yang memadai dalam mengelola SPAM, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Tangerang,” tutup Doddy.

*/S_yadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *