Taifib Marinir dan US Recon Laksanakan Operasi Khusus Bersama

InterMitraNews.com

Jakarta : TNI AL, Pasmar 1. Batalyon Intai Amfibi Marinir ( Taifib) dan United States (US) Marines Force Pacific (MARFORFAC) First Marine Expeditionary Force (I MEF) 1st Reconaissance Battalion berhasil melaksanakan Operasi khusus di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Kamis (09/05/2024).

Bacaan Lainnya

Operasi khusus yang dilakukan Taifib Marinir dan US Marinir Force Recon ini merupakan bagian puncak latihan Latma Reconex 24 yang dikemas dalam Full Mission Profile (FMP). Kegiatan Operasi diawali dengan Tactical Floor Game (TFG) yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan penyiapan material dan perlengkapan Operasi.

Saat jam menunjukkan 01.30 WIB, tim Taifib Marinir dan US Recon melaksanakan embarkasi pasukan dan selanjutnya melaksanakan infiltrasi lintas permukaan menggunakan Sea Rider dan perahu karet menuju Pulau Damar untuk melaksanakan pendaratan. Tepat pukuk 03.30 tim Taifib Marinir dan US Recon melaksanakan tehnik pendaratan yang sempurna dan selanjutnya bergerak senyap untuk melaksanakan operasi selanjutnya.

Setelah melaksanakan penyelidikan dan konfirmasi sasaran, tim bergerak melaksanakan serbuan dan pendadakan dengan cepat. Sasaran berhasil dikuasai dan selanjutnya dilaksanakan proses eksfiltrasi. Pelaksanaan serbuan berjalan sesuai dengan rencana dan semua prajurit dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Lebih lanjut, Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir ( Danyontaifib 1 Mar) Mayor Marinir Laili Nugroho, M.Tr.Opsla., selaku Dansatgas Latma Reconex 24 menyampaikan bahwa pelaksanaan FMP tersebut merupakan aplikasi akhir dari latihan bersama ini,

“Rencanakan setiap operasi dengan baik dan lengkap, laksanakan setiap operasi dengan penuh tanggung jawab sebagai pasukan khusus, maka keberhasilan sebuah operasi akan tercapai,” ungkap Danyon Taifib 1 Marinir.

(Sumber: Dispen Pasmar I)

Pos terkait