KPU Minahasa Sosialisasikan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Bupati

InterMitraNews.com

Bacaan Lainnya

MINAHASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa telah mengadakan Media Gathering Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Acara ini berlangsung di Warung Kopi Rumah Tua, Tondano, pada Senin (27/05/2024), dihadiri oleh jajaran KPU Minahasa dan wartawan biro Minahasa.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa, mengungkapkan bahwa tahapan pemilihan telah memasuki tahap perencanaan.

Dia menjelaskan bahwa hingga 12 Mei belum ada pencalonan bupati dan wakil bupati perseorangan di KPU Minahasa, sementara calon dari partai politik dapat mendaftar pada 27-29 Agustus setelah verifikasi administrasi dan faktual terlebih dahulu dilakukan bagi calon independen.

Pada 14 Mei, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dibentuk, dan KPU telah melantik 810 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 227 desa di Minahasa pada 24 Mei.

Suawa menjelaskan tahapan-tahapan selanjutnya dalam proses pemilihan, termasuk pemutakhiran data pemilih, proses pencalonan, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara, dan penghitungan.

Dia juga menekankan pentingnya peran media dalam menyebarkan informasi terkait tahapan pemilihan kepada masyarakat.

“Ini event special, bagi kami media punya peran penting untuk memberi informasi terkait produk KPU melalui semua tahapan,” katanya.

Suawa berharap agar setiap informasi terkait pemilihan gubernur dan bupati dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga proses pemilihan dapat berjalan dengan transparan dan partisipasi masyarakat dapat meningkat.

#Vincent Lengkong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *