PDIP Gelar Rakernas V untuk Bahas Sikap Politik dan Konsolidasi Pilkada 2024

InterMitraNews.com

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (24/5/2024). Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, secara tegas menyampaikan sikap partainya terhadap pemerintahan ke depan.

Dalam pidato politiknya, Megawati menegaskan pentingnya prinsip check and balances dalam politik ke depan.

“Sebagai partai dengan sejarah panjang dalam memperjuangkan demokrasi, kita tetap menempatkan pentingnya adanya check and balances. Demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang,” ujarnya.

Megawati juga mengakui bahwa politik melibatkan usaha untuk memperoleh kekuasaan, namun menekankan perbedaan strategi dan cara dalam mencapainya.

“Kita tidak menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan. Hanya bedanya strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan lah yang membedakan kita dengan yang lainnya,” tambahnya.

Terkait dengan sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan, Megawati menekankan pentingnya mendengarkan semua suara dari berbagai lapisan masyarakat.

“Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak sampai yang sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya demokrasi yang sehat. Inilah bagian dari skala prioritas kita di rakernas kita,” jelas Megawati.

Rakernas V PDIP dihadiri oleh kader partai dan undangan penting, termasuk Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Mahfud Md, Ahok, Andika Perkasa, serta petinggi DPP PDIP. Turut hadir juga Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, dan perwakilan dari partai pendukung Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

Rakernas tersebut membahas sikap politik PDIP serta strategi konsolidasi menjelang Pilkada 2024, serta sebagai persiapan menuju kongres pada tahun 2025 mendatang.

*S_yadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *