Potensi Cuaca Ekstrem Memicu Himbauan Kewaspadaan dari Hukum Tua Desa Kumu

InterMitraNews.com

Bacaan Lainnya

MINAHASA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulut mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca buruk yang akan melanda wilayah Kabupaten Minahasa. Prediksi mencakup hujan intensitas sedang dan lebat, disertai angin kencang pada Kamis, 25 Januari 2024.

Mengantisipasi potensi dampak yang signifikan, Ronny Kaunang, Hukum Tua Desa Kumu, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, mengeluarkan himbauan mendesak kepada masyarakat setempat.

“Warga desa Kumu sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrim di awal tahun 2024 ini,” ungkap Kaunang.

Kaunang menyoroti beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam menghadapi kondisi yang mungkin terjadi.

“Warga pengguna kendaraan bermotor dan pejalan kaki sebaiknya tingkatkan kewaspadaan saat beraktivitas. Kita tidak tahu kapan bencana itu datang. Waspada adalah salah satu langkah antisipasi yang harus kita lakukan,” kata Ronny Kaunang.

Hukum Tua Kaunang juga memberikan pesan kepada pemerintah kecamatan untuk segera mengambil langkah-langkah mitigasi apabila terjadi bencana alam.

“Jika terjadi bencana alam, segera koordinasi dan laporkan ke pemerintah daerah atau kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), agar secepatnya bisa ditindaklanjuti,” ucapnya.

Himbauan kewaspadaan ini mencerminkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah setempat dan tokoh masyarakat dalam upaya bersama untuk meminimalkan dampak yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca ekstrem.

Harapannya, kesadaran dan kerjasama dari seluruh masyarakat dapat menjadi kunci untuk menghadapi potensi bencana dengan lebih efektif.

#

Pos terkait