Bupati JSK Membuka Workshop Siskeudes: Meningkatkan Kapasitas Operator Desa

InterMitraNews.com

MINAHASA – Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi (JSK) membuka Workshop Siskeudes Angkatan II di Hotel Mercure Tateli. Kamis (28/12/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam acara tersebut, Bupati Kumendong menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan workshop dan mengucapkan Selamat Natal 2023 serta menyambut Tahun Baru 2024.

“Pada kesempatan ini Saya mewakili keluarga dan Pemkab Minahasa mengucapkan Selamat Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024. Tuhan Memberkati torang samua,” ujar Bupati Kumendong.

Kegiatan ini dilihat sebagai langkah konkrit dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) desa. Bupati Kumendong mengakui keberhasilan desa dalam mengelola dana yang signifikan, berkisar 600 juta hingga 1 miliar, dan menekankan pentingnya pelatihan sistem dan operator.

“Pengetahuan dan pemahaman perlu terus diupdate untuk menguasai sistem sehingga tidak salah digunakan karena berakibat fatal,” ungkap Bupati JSK.

Beliau menyoroti pengawasan ketat dari internal Inspektorat, Kepolisian, dan Kejaksaan terhadap penggunaan dana desa saat ini. Bupati menegaskan harapannya agar aturan pemerintahan dan pengelolaan keuangan dapat sejalan, dan semua penggunaan dana desa harus mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Sebagai operator Siskeudes, kalian adalah garda terdepan. Pahami permasalahan klasik dan buat sebaik-baiknya. Dibutuhkan komitmen kerja yang tinggi,” tegas Bupati Kumendong.

Bupati mengungkapkan bahwa dana desa telah menjadi katalisator kemajuan desa di berbagai sektor. Dana tersebut akan difokuskan pada penunjang pemulihan ekonomi, program prioritas nasional seperti SDM dan stunting. Beliau juga mencatat bahwa BLT akan dimaksimalkan hingga 25 persen melalui mekanisme musyawarah desa, serta anggaran khusus untuk penanggulangan bencana alam.

Dalam pengumuman selanjutnya, Bupati menyatakan bahwa seluruh desa akan menggunakan aplikasi Siskeudes 2024 untuk memastikan pemantauan yang optimal.

Kadis PMD Kabupaten Minahasa, Arthur Palilingan, melalui Ketua Panitia Pelaksana Didy Timbel, S.Pd, menjelaskan tujuan workshop ini yang melibatkan 151 peserta operator desa dari dua gelombang.

“Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan program kegiatan aplikasi, penginputan data, pengelolaan keuangan desa, perhitungan pajak, dan penerapan Siskeudes 2023 dan 2024,” tandas Timbel.

Harapannya, kegiatan ini akan mendukung terlaksananya sistem keuangan pemerintah Desa dan Kabupaten Minahasa secara efektif.

#Jr

Pos terkait