Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Terima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri

InterMitraNews.com

JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto, menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepolisian Republik Indonesia. Upacara penyematan tanda kehormatan tersebut dilaksanakan di Rupattama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/6/2024) siang.

Mengenakan jas dan kopiah, Prabowo tiba di Mabes Polri sekitar pukul 14.00 WIB dan disambut oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto, serta para Pejabat Utama Mabes Polri lainnya.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan bahwa penghargaan Bintang Bhayangkara Utama Polri kepada Menhan Prabowo adalah bentuk apresiasi atas kerjasama dalam mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan kerjasama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI,” ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Irjen Pol Dedi Prasetyo juga menambahkan bahwa Menhan Prabowo memiliki jasa besar dalam kemajuan dan pengembangan institusi Polri. Dalam berbagai kesempatan, Prabowo Subianto terus mengingatkan akan pentingnya peran dan fungsi TNI bersama Polri bagi rakyat dan negara.

Dukungan terhadap penguatan Polri juga pernah disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Saat itu, Menhan Prabowo menegaskan bahwa TNI dan Polri adalah jaminan terakhir bagi NKRI.

“Rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas SDM yang tangguh dan unggul,” tegasnya.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang dalam memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama adalah kelas tertinggi, diikuti oleh Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Upacara ini menegaskan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara, serta menghormati kontribusi besar Prabowo Subianto dalam bidang pertahanan dan keamanan nasional.

*Samsul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *