Sekda Minahasa Resmi Membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender

InterMitraNews.com

MINAHASA — Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania, MM, MSi, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DP3AD) Provinsi Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut berlangsung di Kantor Bupati Minahasa, Tondano, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Kepala Dinas P3AD Provinsi Sulut, Wanda LC Musu, SE, MSi, dan Plt. Kepala Dinas PPPA Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, MSi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting lainnya, termasuk Kaban BPKAD Joice Pua, SE, Plh Kadis Budpar Thelma Lapian, SE, Inspektur Pembantu Bidang II Widiwati Rinjani, SSos, Sekban Bapelitbangda Edwin Muntu, SP, MSi, Sekdis PPPA Josefien Kaurouw, SP, Kabid Kualitas Hidup Perempuan Irene Rumagit, SE, MSi, Kabid Partisipasi Masyarakat Dra. Fivi Lensun, Plt. Kanit UPTD PPA Minahasa Joke Fanny Runtuwene, SKep, MMKes, serta peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Lynda Watania menekankan pentingnya penguatan kelembagaan, terutama bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) PUG.

“Penguatan kelembagaan ini sangat penting untuk memastikan efektivitas pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Minahasa,” ujar Sekda Lynda.

Lebih lanjut, Sekda Lynda juga menekankan agar semua pihak mendukung kesiapan Kabupaten Minahasa dalam mengikuti proses penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2024/2025 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Kita harus bersiap dengan baik agar dapat meraih prestasi yang membanggakan dalam penilaian APE,” tambahnya.

Plt. Kadis PPPA Minahasa, Agustivo Tumundo, SE, MSi, dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas P3AD Provinsi Sulut dan jajarannya yang telah memberikan dukungan dalam penguatan kelembagaan PUG di Kabupaten Minahasa.

“Kami sangat menghargai perhatian dan bantuan dari Dinas P3AD Provinsi Sulut, ini akan sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas pengarusutamaan gender di daerah ini,” kata Tumundo.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antar OPD dalam upaya mengarusutamakan gender di Kabupaten Minahasa dan meningkatkan persiapan untuk penilaian APE yang akan datang.

*Vincent Lengkong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *