Bupati Kumendong Resmi Buka Rakor Percepatan Penurunan Stunting

InterMitraNews.com

MINAHASA — Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Percepatan Pengukuran serta Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa.

Bacaan Lainnya

Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa dan diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Meitha Aguw, pada Kamis (20/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Kumendong menekankan bahwa stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, terutama pada periode seribu hari pertama kehidupan.

“Penurunan stunting menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional, dan kita di Kabupaten Minahasa harus mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasinya dengan membentuk tim percepatan penurunan stunting yang terdiri dari berbagai OPD mulai dari kesehatan, pendidikan, sosial, hingga infrastruktur,” ujar Bupati Kumendong.

Bupati Kumendong menambahkan bahwa Rakor ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan program-program yang telah direncanakan, mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai, serta mengidentifikasi tantangan dan solusi untuk meningkatkan efektivitas intervensi.

“Penurunan stunting memerlukan upaya yang terkoordinasi dan berkesinambungan. Saya menekankan beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama yaitu penguatan data dan sistem informasi karena dengan data yang akurat dan terkini sangat penting untuk memantau perkembangan dan mengevaluasi program,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Kumendong menyatakan bahwa peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan kader posyandu adalah ujung tombak dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Kolaborasi lintas sektor juga dianggap krusial, mengingat stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga terkait dengan faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam pencegahan stunting. Edukasi mengenai pentingnya asupan gizi yang baik, praktik pengasuhan yang benar, serta pola hidup sehat harus terus digalakkan,” tegasnya.

Bupati Kumendong berharap melalui rapat koordinasi ini, strategi dan langkah-langkah konkret dapat dirumuskan untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Minahasa.

“Saya berharap kita semua dapat berkomitmen untuk melaksanakan setiap program dan kegiatan yang telah direncanakan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” tutup Bupati Kumendong.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Inspektur, Kepala Bapelitbangda, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kepala Dinas Pangan, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, para Camat di Minahasa, serta para Kepala Puskesmas dan Petugas Gizi.

*Vincent Lengkong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *