Peresmian Markas Komando Pasukan Brimob II di Kutai Kartanegara

InterMitraNews.com

KUTAI KARTANEGARA – Dalam sebuah tonggak sejarah penting, Komandan Korps Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., meresmikan Markas Komando Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri di Jonggon, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada Kamis (13/06/2024).

Bacaan Lainnya

Peresmian ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2022, yang merupakan perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kedatangan Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., disambut hangat dengan Tari Persembahan Adat Kutai, khas daerah Kutai Kartanegara. Dalam acara tersebut, beliau memimpin langsung peresmian dan penempatan pasukan serta peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Mutallib.

Komjen Imam Widodo berharap Markas Komando ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Latar belakang pembangunan Mako Pasukan Brimob II ini adalah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dengan luas lahan kurang lebih 200 hektar. Pasukan Brimob II ini juga akan melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024, termasuk pembangunan IKN dan Upacara HUT RI ke-79 di IKN. Semoga Pasukan Brimob II ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa,” ujar Komjen Imam Widodo.

Beliau menegaskan bahwa kehadiran pasukan Brimob adalah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Brimob adalah pasukan khusus yang bertugas memelihara keamanan dalam negeri, memberikan rasa aman kepada masyarakat. Oleh karena itu, diresmikanlah Markas Komando Pasukan Brimob II di Kabupaten Kutai Kartanegara,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Komjen Imam menyatakan bahwa pembangunan markas tersebut adalah amanah untuk meningkatkan kamtibmas.

Ia menambahkan bahwa markas tersebut akan menjadi tempat yang ramah, inklusif, dan terbuka bagi masyarakat, serta menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh.

“Kami hadir untuk menanggulangi situasi darurat, membantu tugas kepolisian kewilayahan, dan bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial, serta menangani kejahatan dengan intensitas tinggi,” tambahnya.

Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri dipimpin oleh Brigjen Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.H., dan membawahi tiga resimen (1 Resimen Gegana dan 2 Resimen Pelopor). Selain itu, juga berperan sebagai pembina teknis untuk 13 Satuan Brimob Polda di wilayah Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan NTT.

Acara tersebut dihadiri oleh pejabat utama Korps Brimob Polri, Wakapolda Kaltim, pejabat utama Polda Kaltim, Danrem 09 ASN, para Kapolres se-Kaltim, para Bupati dan Wali Kota se-Kaltim, serta Forkopimda.

“Atas nama pribadi dan kesatuan, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah membantu, baik secara materiil maupun moril, dalam pembangunan yang dilakukan secara bertahap. Pembangunan ini menggunakan dana APBN Dipa Polri dan hibah dari pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur,” pungkas Komjen Imam Widodo.

*Samsul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *