Kirab Pancasila 2024: Momentum Kebangkitan Nasionalisme dan Persatuan

InterMitraNews.com

JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pada Minggu (26/5), menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.

Kirab Pancasila tahun ini memperlihatkan nuansa yang berbeda dengan sebelumnya, dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang kurang lebih 300 meter di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran HI. Kepala BPIP, Profesor K.H. Yudian Wahyudi, mengungkapkan bahwa kirab tersebut diikuti oleh sekitar 3 ribu peserta dan menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, serta drum band Gita Abdi Praja IPDN, serta berbagai pakaian adat nusantara.

“Ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan nasionalisme terutama kepada generasi muda Indonesia,” ujar Yudian.

Yudian juga menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi pengingat kepada masyarakat tentang pentingnya Pancasila sebagai perekat bangsa dan simbol perjuangan membebaskan diri dari penjajah.

Wakil Kepala BPIP, Dr. Rima Agristina, menambahkan bahwa selain Kirab Pancasila, terdapat beberapa kegiatan lain seperti pameran kuliner nusantara, pemeriksaan kesehatan gratis, dan donor darah di Gedung Sarinah, Jakarta.

“Momentum ini adalah gerakan-gerakan Pancasila dalam tindakan yang harus tetap dijaga, baik persatuan maupun gotong royongnya,” ujar Rima.

BPIP juga mengajak masyarakat untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045”. Acara tersebut dapat disaksikan melalui siaran televisi, kanal YouTube BPIP, dan di daerah masing-masing.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga Jakarta, yang menganggapnya sebagai acara yang seru dan bermanfaat untuk menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP, serta Forkopimda Provinsi DKI Jakarta.

*/S_yadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *