Mendagri Tito Karnavian Hadiri Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

InterMitraNews.com

Lapangan Kodam V/Brawijaya menjadi saksi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, yang dihelat dengan tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian, yang turut berperan sebagai Inspektur Upacara (Irup). Jumat (01/02/2024).

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi dedikasi serta pengabdian yang telah ditunjukkan oleh petugas dan relawan Damkar, yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga eksistensi institusi pemadam kebakaran selama 105 tahun.

“Kerja keras memberi kepercayaan kepada rakyat di negara demokrasi. Semangat terus berkarya harus terus berlangsung,” ungkap Mendagri.

Selain memberikan apresiasi, Mendagri juga mengajak para kepala daerah untuk menghitung kebutuhan rekrutmen petugas Damkar sebagai PNS maupun P3K, dengan memenuhi persyaratan kualifikasi yang telah ditetapkan.

Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, menanggapi dengan serius permintaan Mendagri.

“Imbauan Mendagri ini telah kami tindaklanjuti. Saat ini, para petugas Damkar di Minahasa telah kami data dan diusulkan untuk menjadi bagian dari tenaga teknis untuk P3K,” ujarnya.

Bupati Kumendong juga menyoroti kebutuhan akan peningkatan fasilitas operasional Damkar di Minahasa, termasuk pengadaan tambahan kendaraan operasional.

“Kami hadir di sini untuk terus memperjuangkan fasilitas operasional Damkar bagi masyarakat Minahasa,” tambahnya.

Sementara itu, Pemda Minahasa berupaya keras dengan melakukan lobi ke pusat dengan mengajukan proposal penambahan unit damkar untuk wilayah mereka, sebagai bagian dari upaya terus memperjuangkan fasilitas operasional Damkar bagi masyarakat Minahasa.

Dalam kesempatan yang sama, interaksi langsung antara Mendagri Tito Karnavian dan para pemangku kepentingan dari seluruh Bupati/Walikota se-Indonesia turut terlihat, menegaskan komitmen bersama dalam penguatan institusi pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Kehadiran Mendagri Tito Karnavian menjadi dorongan yang sangat penting dalam memperkuat dan mengapresiasi peran petugas Damkar yang berjuang untuk keselamatan masyarakat.

*Vincent Lengkong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *