TNI Wilayah Sulut Gelar Apel Pasukan untuk Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024

InterMitraNews.com

Bacaan Lainnya

MANADO – TNI Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) menunjukkan kesiapsiagaan tinggi dalam mengamankan Pemilu 2024 melalui apel gelar pasukan secara serentak. Kamis (01/02/2024).

Acara yang dipimpin oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Robertus Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., dan dihadiri oleh Danlantamal VIII berlangsung di Lapangan Makodam XIII/Merdeka.

Pangdam XIII Merdeka menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pasukan yang terlibat dalam Pengamanan Pemilu (Pam Pemilu) di wilayah Sulut.

Pasukan yang berada di bawah komando dan pengendalian Kodam XIII/Merdeka diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dan kepolisian dalam menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“TNI memiliki tugas pokok sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ujar Pangdam XIII Merdeka.

Apel gelar pasukan ini melibatkan personel TNI wilayah Sulut dari TNI AD, AL, dan AU. Selama kegiatan tersebut, ditampilkan berbagai material pendukung termasuk kendaraan operasional seperti motor trail, mobil dapur lapangan, dan kendaraan kawal.

Pasca-apel, dilakukan video conference (vicon) yang dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., untuk membahas laporan kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di masing-masing Kodam.

*/Ricky Karouw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *