Peresmian BPD Masa Keanggotaan 2023-2029 oleh Bupati Kumendong

InterMitraNews.com

Bacaan Lainnya

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong MSi, secara resmi melakukan peresmian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa keanggotaan periode 2023-2029 dan pengisian anggota BPD antar waktu.

Upacara peresmian ini berlangsung pada Selasa (09/01) di ruang sidang kantor bupati Minahasa, sesuai dengan SK Bupati Minahasa nomor 715 tahun 2023 tanggal 12 Desember 2023.

Sebanyak 42 anggota perwakilan dari 17 desa dan 11 kecamatan telah resmi dilantik dalam acara tersebut. Bupati Kumendong didampingi oleh Sekretaris Daerah, Dr. Lynda Watania, Asisten I Drs Riviva Maringka, Asisten III Vicky Tanor, Kepala Dinas PMD Arthur Palilingan, serta beberapa Camat dan Hukum Tua.

Dalam arahannya, Bupati Kumendong memberikan petunjuk kepada anggota BPD yang baru dilantik.

“Selamat buat anggota BPD dan antar waktu yang telah dilantik. Saya berharap kalian semua mempelajari terkait aturan-aturan yang berlaku, agar pemerintahan boleh berjalan dengan baik dan tugas fungsi BPD berjalan dengan baik,” ujar Kumendong.

Bupati juga menekankan pentingnya sinergi antara BPD dan Kepala Desa untuk mencapai hasil maksimal.

“Jangan BPD bersikap sebagai oposan dan justru berbenturan dengan Kepala Desa. Seharusnya BPD dan Kepala Desa sinergis sehingga bisa maximal,” tambahnya.

Kumendong juga meminta BPD untuk terus mengawasi laporan pertanggungjawaban Kepala Desa. BPD juga diingatkan mengenai tanggung jawabnya dalam musyawarah Desa yang akan segera dilaksanakan.

“Dalam waktu dekat, BPD akan diperhadapkan dengan musyawarah Desa. Mekanismenya harus dilaksanakan sehingga berbagai keputusan bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Bupati Kumendong, sesuai dengan Permendagri nomor 110 tahun 2016.

Bupati juga menutup arahannya dengan mengingatkan peran BPD dalam mendukung Pemilu pada 14 Februari, meminta mereka untuk ikut mensukseskan serta menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Desa.

“Diharapkan kerja keras dari semua anggota BPD. Selamat bertugas, Tuhan memberkati,” tutup Bupati Kumendong.

#Jr

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *